PENGARUH PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENDIVISION (STAD)TERHADAPKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL HUDA TEBO ULU

Jannah, Aminatul and Sunarto, Sunarto and Kukuh, M (2020) PENGARUH PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENDIVISION (STAD)TERHADAPKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL HUDA TEBO ULU. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENDIVISION (STAD)TERHADAPKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL HUDA TEBO ULU)
SKRIPSI LENGKAP AMINATUL JANNAH.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Huda Tebo Ulu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Busatnul Huda Tebo Ulu yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis rendah yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 82 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri atas 30 dan 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 6 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh t_(t ) 5%<t_0>t_t 1%=2,00<9,56>2,67. Dan hasil dari perhitungan korelasi phi diperoleh r_(t ) 5%<φ>r_t 1% =0,266<0,644>0,345. Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diMadrasah Tsanawiyah Bustanul Huda Tebo Ulu. hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model PembelajaranStudent Team Achievement Division (STAD), Kemampuan pemahaman konsep matematis
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:08
Last Modified: 23 Nov 2020 07:08
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5787

Actions (login required)

View Item View Item