PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Amalia, Rizky Afja and Musyaddad, Kholid and Gusfarenie, Dwi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa di SMA Negeri 2 Kota Jambi)
Skripsi_Kiky aFJA AMALIA.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana kemampuan penguasaan konsep biologi siswa yang menerapkan metode pembelajaran POE dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran POE di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kota Jambi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya penguasaan konsep biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posstest-only control design sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh POE terhadap penguasaan konsep. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen (menerapkan metode pembelajaran POE dengan memanfaatkan aktivitas di kehidupan sehari-hari sebagai media pembelajaran) dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol (menerapkan metode ceramah). Peneliti menemukan bahwa penguasaan konsep biologi siswa yang menerapkan metode pembelajaran POE lebih baik dibandingkan kemampuan penguasaan konsep biologi yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan penguasaan konsep biologi siswa yang menerapkan model pembelajaran POE dengan yang menerapkan metode pembelajaran ceramah pada materi Ekosistem dengan t_hitung lebih besar dari pada t_tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,00≤2,84≥2,65. Hasil penelitian menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran POE dalam pelajaran biologi terutama pada materi Ekosistem dan pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran POE, Ekosistem, Penguasaan Konsep Biologi.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 24 Nov 2020 06:23
Last Modified: 24 Nov 2020 06:24
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item