MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI AL-JANNAH DURIAN LUNCUK KECAMATAN BATIN XXIV

Hermayenti, Hermayenti and Hidayat, Hidayat and El Widdah, Minnah (2020) MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI FINGER PAINTING DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI AL-JANNAH DURIAN LUNCUK KECAMATAN BATIN XXIV. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
tesis Hermayenti Watermark.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Finger Painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung dengan jari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari disini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini dengan pembelajaran Finger Painting di Taman Kanak-kanak Negeri Al-Jannah Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) kolaborasi. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Negeri Al-Jannah Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV yaitu kelompok B yang berjumlah 15 orang anak dan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus yaitu pada kondisi prasiklus sebesar 42%. meningkat pada siklus I menjadi 57% , dan pada siklus II meningkat sebesar 85% dengan kriteria berkembang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran finger painting di sentra seni dapat meningkatkan motorik halus anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Al-Jannah Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV. Dalam implikasinya, pembelajaran finger painting menunjukkan peningkatan motorik halus anak usia dini lebih optimal, pembelajaran finger painting dapat digunakan oleh guru dan pihak sekolah sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Motorik halus, pembelajaran finger painting, TK
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD > 372.21 Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 19 Nov 2020 08:29
Last Modified: 19 Nov 2020 08:29
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item