PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN IDRAGIRI HILIR RIAU

Nurlela, Nurlela and Hidayat, Hidayat and Malik, Abdul (2020) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH SUNGAI GUNTUNG KECAMATAN KATEMAN IDRAGIRI HILIR RIAU. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
TESIS NURLELA Watermark.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA-TI Guntung Kecamatan Kateman yang meliputi; Pertama bagaimana peran Komite Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, di MA-TI Sungai Guntung Kecamatan Kateman Idragiri Hilir Riau. Kedua bagaimana strategi yang dilkukan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA-TI Sungai Guntung Kecamatan Kateman Idragiri Hilir Riau. Ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA-TI Sungai Guntung Kecamatan Kateman Idragiri Hilir Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti memakai teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar data yang diteliti menjadi kredibel, maka peneliti menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data serta verifikasi. Adapun pengecekan keterpercayaan data-data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan konsultasi ke pembimbing. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA-TI Sungai Guntung Kecamatan Kateman Idragiri Hilir Riau adalah memaksimalakan peran serta komite sekolah dalam berbagai agenda kegiatan sekolah. seperti keterlibatan komite sekolah dalam penyusunan rencana kerja sekolah.2) Strategi yang dilakukan adalah mengoptimalkan empat peran, yakni: pertimbangan dalam penentuan pelaksanaan kebijakan pendidikan dimadrasah; Pendukung baik yang berwujud finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan; Pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan output pendidikan; dan Mediator antara sekolah, pemerintah dan masyarakat. 3) adapun Faktor pendukung antara lain; terdapat kesamaan visi dan misi antara komite dan pihak sekolah; terdapat komunikasi dan kordinasi yang baik antara komite dan pihak sekolah; Sikap saling terbuka antara komite dan pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambat, karena kesibukkan komite sekolah dan jadwal/waktu pertemuan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Komite Sekolah,Mutu Pendidikan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:49
Last Modified: 19 Nov 2020 07:49
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item View Item