PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI

Nurlaini, Nurlaini and Putri Wirman, Rahmi and Rahim, Abdul (2020) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
SKRIPSI NURLAINI.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran Ilmu Pengatahuan Alam Terpadu terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 82 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 25 pernyataan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kemudian ada beberapa uji prasyarat yang harus terpenuhi, seperti uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas lalu teknik analisis regresi linear sederhana. Kemudian uji hipotesis menggunakan Uji T. Dari perhitungan uji-t diperoleh signifikansi sebesar 0,445 yang berarti lebih kecil dari α (0,445 > 0,05). Karena nilai signifikansi lebih besar dari α, besar dari nilai α (0,445> 0,05) atau t hitung 0,1030< t tabel 1990. Dan nilai dari regresi linear yaitu Y= 0,155 + (72,446)X jadi ketika persepsi siswa tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengalami kenaikan satu satuan, maka hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam naik sebesar 72,601, dan sebaliknya apabila terjadi penurunan satu satuan persepsi siswa tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diikuti penurunan hasil belajar sebesar 72,691. Sehingga dalam hal ini H 0 diterima dan dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran IPA tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII, di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Persepsi Siswa, Kuantitatif, Hasil Belajar IPA.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
500 Ilmu-Ilmu Alam dan Matematika > 530 Fisika
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:27
Last Modified: 19 Nov 2020 07:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5777

Actions (login required)

View Item View Item