Perbandingan Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Literasi Sains Di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Tangkit

Saskianita, Venna and Rizalman, Rizalman and Sukarno, Sukarno (2020) Perbandingan Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Literasi Sains Di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Tangkit. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Perbandingan Model Pembelajaran Course Review Horay Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Literasi Sains Di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Tangkit)
SKRIPSI VENNA SASKIANITA.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model Course Review Horay dan Direct Instruction dalam meningkatkan literasi sains di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Tangkit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Tangkit. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dan diperoleh siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen I dan VIII E sebagai kelas ekseprimen II. Instrumen dalam penelitian ini diantaranya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh skor literasi sains pada kelas VIII D yang menggunakan model Course Review Horay dengan rata – rata perolehan nilai pretest sebesar 51,31 dan posttest 75,26 mengalami peningkatan sebesar 0,50 dengan kategori sedang dan kelas VIII E yang menggunakan model Direct Instruction dengan rata-rata perolehan nilai pretest sebesar 48,94 dan posttest sebesar 67,63 mengalami peningkatan sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Dengan demikian, siswa yang menggunakan model Course Review Horay lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan model Direct Instruction. Dan berdasarkan uji beda hipotesis terdapat perbedaan literasi sains siswa melalui model pembelajaran Course Review Horay dan model pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Course Review Horay, Direct Instruction, Literasi Sains
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:50
Last Modified: 19 Nov 2020 07:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item View Item