PENGARUH MODEL PEMBBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ERTAMA NEGERI SATU ATAP TUNGKAL ILIR

Lindayati, Wali and Usmar, Ali and Bestari, Hendra (2020) PENGARUH MODEL PEMBBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ERTAMA NEGERI SATU ATAP TUNGKAL ILIR. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Krmampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Tungkal Ilir)
Skripsi Wali FTK Watermak .pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini Membahas tentang bagaimana pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group InvestigationTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada materi Statistika di kelas VIII SMP N Satu Atap Tungkal Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N Satu Atap Tungkal Ilir yang memiliki kemampuan Pemecahan Masalah matematis rendah yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 130 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri atas 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 4 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh . Dan hasil dari perhitungan korelasi diperoleh . Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP N Satu Atap Tungkal Ilir. hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Group Investigationdalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:59
Last Modified: 20 Nov 2020 03:00
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5767

Actions (login required)

View Item View Item