Penerapan Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi

Muttaqin, Muttaqin and Junaid, M. and Hasanah, Dewi (2020) Penerapan Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi)
SKRIPSI MUTTAQIN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan metode sosiodrama pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui Penerapan metode sosiodrama pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi, ingin mengetahui kendala dalam penerapan metode sosiodrama pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi, dan ingin mengetahui solusi dalam mengatasi kendala Pada Penerapan metode sosiodrama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Cara guru dalam menerapkan metode sosiodrama pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi yaitu dengan memberi materi kepada peserta didik, membagi kelompok serta memberitahu ke peserta didik untuk membuat dialog, menampilkan sosidrama, 2) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode sosiodrama pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi yaitu kurangnya latihan serta keterbatasan waktu, 3) Solusi guru dalam mengatasi kendala pada penerapan metode sosiodrama pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi yaitu menyediakan waktu latihan dan meningkatkan kreativitas pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan, Metode Sosiodrama dan Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:06
Last Modified: 27 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item