PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09/X DESA RANTAU RASAU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Mariyana, Mariyana and Hakim, Lukman and Azim, Fauzan (2020) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 09/X DESA RANTAU RASAU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (problematika guru dalam pembelajaran tematik di kelas V SDN 09/X desa rantau rasau kab. tanjung jabung timur/mariyana)
SKRIPSI Mariyana fiks.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran tematik masih dianggap sebagai suatu hal yang sangat rumit bagi kebanyakan guru, anggapan rumit tersebut dilihat dari cara pandang guru yang merasa kurang berpengalaman, tidak memiliki pengetahuan yang komplit, dan kurangnya motivasi untuk belajar serta mencoba, sehingga masih banyak guru yang merasa kesulitan dalam menerapkannya. Oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti berupaya melakukan riset mengenai permasalahan atau problem yang dihadapi guru kelas V dalam menerapkan pembelajaran tematik di SDN 09/X Desa Rantau Rasau. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN 09/X Desa Rantau Rasau? 2) Apa problem guru kelas dalam penerapan pembelajaran tematik di SDN 09/X Desa Rantau Rasau 3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problem pada pelaksanaan pembelajaran tematik di SDN 09/X Desa Rantau Rasau? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan studi kasus. yang dilakukan di SDN 09/X Desa Rantau Rasau, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan: 1) mereduksi data dengan cara mencatat dan merekam data yang di dapat selama di lapangan, 2) menyajikan data dengan uraian berbentuk teks naratif, 3) menyimpulkan data atau verifikasi dengan menarik kesimpulan secara garis besar. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran tematik yaitu guru cukup kesulitan menyampaikan materi pelajaran, karena kurangnya kemampuan anak dalam berkomunikasi dan mengerti apa yang guru sampaikan, pelaksanaan pembelajaran yang tidak sepenuhnya berdasarkan Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang terbatas, metode pembelajaran yang tidak dapat sepenuhnya diterapkan, kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang terpenuhi dalam kegiatan belajar mengajar. Upaya dalam mengatasi kendala dalam proses pembelajaran tematik yaitu guru mengikuti pelatihan kurikulum 2013 dan KKG (Kelompok Kerja Guru) yang diadakan sekolah maupun provinsi. Kata Kunci: Problem, Guru Kelas, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problem, Guru Kelas, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:47
Last Modified: 20 Nov 2020 03:48
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item