Juniandini Sari, Rina and Safita, Reny and Nofriadi, Nanang (2020) PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![]() |
Text (PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA)
rina juniandini sari tb 161092 tadris biologi.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kuantitatif dengan menggunakan true exsperimental – posttest only control desain. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes essay. Dari hasil pengumpulan data yang telah diperoleh, skor rata-rata aspek kognitif pada kelas eksperimen sebesar 79,88 sedangkan rata-rata aspek kognitif kelas kontrol sebesar 66,19. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa, aspek kognitif dengan nilai thitung > ttabel, thitung = 4,132 sedangkan ttabel = 5% 2,00 dan 1% 2,660 dengan effect size adalah 1,0 atau 84%. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan flipped classroom terhadap hasil belajar IPA kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Pendekatan flipped classroom untuk materi selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM |
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 04:58 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 04:58 |
URI: | http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |