PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Juniandini Sari, Rina and Safita, Reny and Nofriadi, Nanang (2020) PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA)
rina juniandini sari tb 161092 tadris biologi.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kuantitatif dengan menggunakan true exsperimental – posttest only control desain. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes essay. Dari hasil pengumpulan data yang telah diperoleh, skor rata-rata aspek kognitif pada kelas eksperimen sebesar 79,88 sedangkan rata-rata aspek kognitif kelas kontrol sebesar 66,19. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa, aspek kognitif dengan nilai thitung > ttabel, thitung = 4,132 sedangkan ttabel = 5% 2,00 dan 1% 2,660 dengan effect size adalah 1,0 atau 84%. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan flipped classroom terhadap hasil belajar IPA kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Pendekatan flipped classroom untuk materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:58
Last Modified: 19 Nov 2020 04:58
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item