PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI

Akmal, Hoirul and El Widdah, Minnah and Musyaffa, A.A (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IHSAN KOTA JAMBI)
SKRIPSI HOIRUL.pdf - Published Version

Download (95MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dimana kurangnya model yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran matematika ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan siswa menjadi pasif saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kota Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui 4 tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II, dapat dilihat pada siklus I keaktifan siswa mencapai 63,25% pada siklus II keaktifan siswa meningkat 75,05 % dari dua siklus tersebut keaktifan siswa meningkat 11,8 % pada lembar Observasi guru dapat dilihat pada siklus I mencapai 66,67 % pada siklus II obervasi guru meningkat 85,41 %. Dapat dikatakan bahwa hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan telah tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:44
Last Modified: 19 Nov 2020 02:45
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5715

Actions (login required)

View Item View Item