PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI

Eka Desy Aryani, TPG.161871 and Rosadi, Kemas Imron and Azim, Fauzan (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI ZIYADATUL IMAN KOTA JAMBI (TPG161871).pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahasa tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatul Iman Kota Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatul Iman Kota Jambi pada saat proses pembelajaran masih kurang memahami materi pembelajaran dan sult untuk menerima materi yang telah telah diajarkan sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yaitu dari 17 siswa hanya 35,29% (6 siswa) yang tuntas belajar dengan nila rata-rata 54,23 sedangkan ketuntasan minimal adalah 75. Setelah peneliti telusuri, hal ini disebabkan guru mengajar satu arah, guru monoton dalam mengajar, hanya guru saja yang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa nya pasif. Sehingga hal ini yang membuat hasil belajar siswa rendah. Selain itu guru juga tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswanya mengikuti pelajaran secara pasif. Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatul Iman Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan desain Stephan Kemmis dan Robin Mc Taggart, dan pengumpulan data nya dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan modle pembelajaran kooperatif tipe make a match ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. peningkatan hasil belajar siswa dapat di ukur dari evaluasi akhir siklus I dan siklus II.dilihat dari nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57,69% dan siklus II sebesar 83,84%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52,94% (9 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 63,82 dan siklus II adalah 82,35% (14 siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 88,82. Hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatul Iman Kota Jambi telah tercapai dengan baik dan terbukti bahwa pembelajaran kooperatif tipe make a match ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Tematik, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:53
Last Modified: 20 Nov 2020 03:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5710

Actions (login required)

View Item View Item