Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur

Nst, Agustina Mansiah and Idris, Ilyas and Musyaffa, A.A (2020) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur)
TPG161845 Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur-lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan media pembelajaran berbasis Power Point dalam meningkatkan hasil belajar kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Dalam penelitian ditemukan bahwa pada saat proses pembelajaran siswa kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur kurang memahami dan sulit menerima materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini terlihat dari 18 siswa hanya 44% (8 siswa) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 57,22, sedangkan ketuntasan minimal adalah 75. Setelah ditelusuri, hal ini disebabkan guru mengajar satu arah atau hanya menggunakan metode ceramah dan cenderung monoton sehingga siswa menjadi pasif dan cepat bosan. Akibatnya hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur dengan penerapan media pembelajaran berbasis Power Point. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actioan Research). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan desain Stephan Kemmis dan Robin MC Taggart, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Dilihat nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 56,36% dan siklus II 88,18%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa siklus I sebesar 60,56 dengan kategori tidak tuntas dengan validitas 0,528 dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 88,89 dengan kategori tuntas dengan nilai validitas 0,577. Hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur telah tercapai dengan baik dan terbukti bahwa media pembelajaran berbasis Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Media Pembelajaran, Power Point, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:58
Last Modified: 20 Nov 2020 03:59
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5709

Actions (login required)

View Item View Item