PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI MUARA BUNGO

WULAN DARI, ANGGIA and Julis, Dailami and Ridwan, Ridwan (2020) PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI MUARA BUNGO. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI MUARA BUNGO)
SKRIPSI ANGGIA WULAN DARI CETAK KERAS.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penanaman merupakan suatu cara atau proses menanamkan. Nilai-nilai agama merupakan nilai yang bersumber dari ajaran agama yang pada dasarnya memiliki tujuan agar seseorang tidak terlepas dari pengalaman agama, berakhlak mulia, serta berwatak sesuai dengan ajaran agama. Anak berkebutuhan khusus atau anak luar biasa adalah anak yang menyimpang dari rata-rata anak normal. Karena karakteristik dan hambatan yang dimiliki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka. Tujuan penelitian saya ini yakni untuk mengetahui bagaimana Penanaman Nilai Agama Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN Ma. Bungo dan untuk mengetahui kendala apa saja yang didapat oleh guru Agama dalam Penanaman Nilai Agama Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Ma. Bungo. Sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subyek penelitian yaitu Kepala SLBN Muara Bungo, guru PAI SLBN Muara Bungo, siswa/i SLBN Muara Bungo. adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai agama pada anak berkebutuhan khusus di SLBN Muara Bungo memiliki berbagaimacam metode yang digunakan untuk mengajar siswa/i yang memiliki keterbatasan yang berbeda-beda. Upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai agama di SLBN Muara Bungo yaitu dengan menekankan siswa tentang betapa pentingnya untuk belajar agama, dan guru juga menunjukkan sikap-sikap yang mencerminkan untuk anak didiknya. Berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan, seperti yasinan rutin setiap hari jumat, pembelajaran agama di asrama, mengajarkan murid untuk hidup mandiri melalui kegiatan OM (orientasi mobilitas), bina persepsi dan bunyi, dan juga bina diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: PENANAMAN, NILAI AGAMA, ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:55
Last Modified: 19 Nov 2020 02:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item