MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU SUKU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK- KANAK ISLAM BKMT ANNISA KUALA TUNGKAL

Sapiah, Sapiah and Risnita, Risnita and Hayat, Najmul (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU SUKU KATA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK- KANAK ISLAM BKMT ANNISA KUALA TUNGKAL. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini Anak Melalui Penggunaan Media Kartu Suku Kata Bergambar Di Taman kanak- kanak Islam BKMT Annisa Kuala Tungkal)
MPU.182924 Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini Melalui Penggunaan Media Kartu Suku Kata Bergambar di Taman Kanak-kanak Islam BKMT Annisa Kuala Tungkal - Lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penyebab kesulitan anak mengenal bentuk huruf dan bunyi adalah penggunaan alat atau media yang belum optimal, tidak efektifnya kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran kurang menarik bagi anak serta kegiatan yang dilakukan tidak mendukungnproses pembelajran. Teknik yang digunakan guru menjadikan anak tidak aktif sehingga ketertarikan anak untuk mengikuti pembelajaran menjadi kurang. Tujuan penulis melakukan penelitian ini ialah untuk peningkatan dan pengembangan keterampilan membaca dini peserta didik dengan penggunaan Media berupa Kartu Suku Kata yang bergambar di TK Islam BKMT Annisa Kuala Tungkal. Penelitian yang penulis gunakan adalah jenis atau bentuk penelitian Tindakan Kelas menggunakan pola kolabratif menggunakan model Kurt Lewin dimana antara observing dan komponen acting menjadi paduan yang tidak terpisahkan, melalui langkah-langkah diantaranya : Perencanaan, tindakan, pengamatan serta refleksi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwasanya ada data yang meningkat yang diperoleh sebelum melakukan tindakan sampai sesudah tindakan yang dilakukan di siklus satu dan kenaikan kemampuan dari siklus pertama ke siklus kedua lalu ke siklus tiga. Peningkatan sebelum tindakan menuju siklus satu adalah 14,7% dan siklus satu kesiklus kedua peningkatananya 29,41% dan siklus dua ke siklus tiga peningkatannya menjai 28,53%. Dengan adanya penelitian yang dilakukan ini kemampuan membaca dini anak menjadi lebih baik, penggunaan dengan media kartu yang bergambar bisa menumbuhkan kemampuan membaca dini pada peserta didik, melalui penggunaan kartu kata yang memiliki gambar peserta didik dapat menyerap tulisan ataupun gambar yang dipakai sebagai alat untuk berkomunikasi, ditambah dalam kegiatan belajar bahasa semakin sering penggunaan syimbol/lambing huruf atau gambar yang berkaitan dengan kemampuan atau pengembangan keaksaraan pada anak

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Membaca dini, Media Suku Kata Bergambar dan Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2020 09:13
Last Modified: 18 Nov 2020 09:14
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item