PENGARUH GENDER DAN STATUS EKONOMI TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH DENGAN KEADILAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS FEBI UIN STS JAMBI)

Mufidah, Luthfi and Sucipto, Sucipto and Zahara, Anzu Elvira (2018) PENGARUH GENDER DAN STATUS EKONOMI TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI SYARIAH DENGAN KEADILAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS FEBI UIN STS JAMBI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141367 Lutfi Mufidah Ekonomi Syariah - Aris Cahyo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi etis mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif-deskriptif. Metode kuantitatif adalah metode menggunakan alat analisis bersifat kuantitatif, di mana hasil analisis disajikan dalam bentuk angka-angka yang kemudian dijelaskan dan interprestasikan dalam suatu uraian, sementara metode deskriptif adalah metode yang menggambarkan suatu data yang akan dibuat, baik oleh peneliti sendiri maupun kelompok, peneliti menggunakan PLS (Partial Least Square) untuk menguji penelitian. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer yang merupakan hasil kuesioner yang diberikan kepada 75 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi dan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi yang berupa buku, jurnal, skripsi, internet dan studi kepustakaan yang lain. Hasil dari penelitian ini meunjukkan bahwa (1) Gender tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi syariah (2) Status ekonomi tidak berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi syariah (3) pesepsi etis mahasiswa akuntansi syariah berpengaruh positif terhadap keadilan (4) Pengaruh langsung antara gender dan status ekonomi dengan persepsi etis mahasiswa akuntansi lebih kecil dari pada pengaruhnya terhadap keadilan, yakni gender terhadap persepsi etis sebesar T-statistik 0.702, kemudian status ekonomi terhadap persepsi etis sebesar T-statistik 0.656. Sementara itu gender terhadap keadilan sebesar T-statistik 0.580, status ekonomi terhadap keadilan memiliki nilai T-statistik 0.949. sehingga keadilan terbukti memberikan pengaruh tidak langsung dalam penelitian ini atau dapat dikatakan sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Gender, Status Ekonomi, Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Syariah, Keadilan
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:59
Last Modified: 20 Dec 2019 08:01
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item