ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZOMIYAH TEBO

Rahmah, Dewi and Sunarto, Sunarto and Amrina Yusra, Della (2020) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZOMIYAH TEBO. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AN-NIZOMIYAH TEBO)
DEWI RAHMAH TM.161286.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah An-Nizomiyah Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah An-Nizomiyah Tebo ada beberapa kesulitan, faktor penyebab dan upaya yang dialami oleh guru yaitu: 1) kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika yaitu a) kesulitan dalam pembelajaran dikelas, b) kesulitan yang dikarenakan media atau alat peraga yang kurang lengkap, c) kesulitan dalam pembuatan RPP, d) terhambatnya proses pembelajaran. 2) faktor penyebab kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika yaitu a) keterlambatan buku, b) perubahan kurikulum, c) peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami isi, contoh-contoh dan bahasa dalam buku, d) sarana dan prasarana yang kurang memadai. 3) kemudian upaya guru dalam mengatasi kesulitan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika diantaranya a) mendownload buku jika terjadi keterlambatan, b) untuk masalah RPP mengadakan pertemuan antar guru, c) kesulitan dalam penilaiannya dengan berusaha lebih efektifitas waktu, d) dan upaya yang dilakukan agar peserta didik memahami materi yang disampaikan adalah dengan mengulangi materi yang disampaikan adalah dengan mengulangi materi yang belum bisa dipahami oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: kesulitan, guru, kurikulum 2013
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 18 Nov 2020 08:30
Last Modified: 18 Nov 2020 08:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5592

Actions (login required)

View Item View Item