PENGARUH LAYANAN FOOD DELIVERY TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PENGUSAHA KULINER (STUDI PADA PENGUSAHA KULINER YANG TERDAFTAR DI GO-FOOD/GO-JEK JAMBI)

Pratama, Yogi and Ferawati, Rofiqoh and Rusliani, Hansen (2018) PENGARUH LAYANAN FOOD DELIVERY TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PENGUSAHA KULINER (STUDI PADA PENGUSAHA KULINER YANG TERDAFTAR DI GO-FOOD/GO-JEK JAMBI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141378 M. Yogi Pratama Ekonomi Syariah - Yogi Pratama.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk meneliti pengaruh layanan food delivery terhadap peningkatan penjualan pengusaha kuliner (studi pada pengusaha kuliner yang terdaftar di Go-Food/GO-JEK Jambi). Perkembangan dunia usaha semakin pesat. Dengan teknologi yang semakin berkembang, setiap orang dapat mengakses informasi kapan dan dimana saja dan memudahkan segala aktivitas sehari-hari, sehingga munculnya fenomena layanan pesan antar (food delivery). PT. GO-JEK Indonesia mengembangkan platform nya dengan menambah sebuah layanan food delivery yang dinamakan GO-Food. Usaha kuliner yang bermitra dengan Go-Food akan mendapatkan layanan food delivery tersebut tanpa harus menambah biaya overhead lainnya, sehingga dapat memicu peningkatan penjualan. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer yang merupakan hasil kuesioner yang diberikan kepada 40 pengusaha kuliner yang bermitra dengan Go-Food. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang terkandung 12 item pernyataan yang diukur menggunakan skala likert 1 sampai 5 dan diuji oleh validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengusaha Kuliner yang Terdaftar di Go-Food/GO-JEK Jambi. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Uji parsial digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa layanan food delivery mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan penjualan sig > 0,05 (0,006 < 0,05). Hasil tersebut berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian nilai koefisien determinasi menunjukkan bahawa pengaruh layanan food delivery terhadap peningkatan penjualan berjumlah 18,4% sedangkan sisanya sebesar 81,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Food Delivery, Peningkatan Penjualan, Go-Food, GO-JEK
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:47
Last Modified: 20 Dec 2019 07:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item