KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HAPPY KIDS KUALA TUNGKAL TANJUNG JABUNG BARAT

ARIFIN, FADULAH and Jailani, Syahran and Widdah, Minna El (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK HAPPY KIDS KUALA TUNGKAL TANJUNG JABUNG BARAT. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text
MPU 182912 KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU P.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pokok dari penelitian ini ialah mengapa kompetensi pedagogik guru belum optimal didalam pengembangan kognitif anak usia dini, dengan indikator guru melakukan proses pembelajaran secara terpisah dengan bermain, guru melakukan kegiatan belajar tidak berdasarkan rencana kegiatan harian secara kreatif, guru hanya menggunakn buku paket saja. Penelitian ini bertujuan agar memperoleh informasi mengenai mengapa kompetensi pedagogik guru belum optimal didalam pengembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini berfokus tentang Kompetensi Pedagogik Guru dalam pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Usia 5–6 Tahun diTaman Kanak-kanak Happy Kids Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat pada kelas B. Manfaat dari penelitian ini yakni memberi konstribusi sebagai masukan serta perbandingan guru sehingga bias memberi peningkatan kompetensi pedagogiknya sehingga dapat mengembangkan kognitif anak usia dini. Penelitian kualitatif sebagai metode pendekatan dengan tekhnik Pusposive Sampling. Cara peneliti melakukan pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara serta dokumentasi Tahap tekhnik analisi data meliputi mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, serta verifikiasi atau menyimpulkan, mengecek keabsahan data dilaksanakan melalui memperpanjang keikut sertaan, ketelitian dalam mengamati, triangulasi, serta melaksanakan konsultasi kepada pembimbing. Hasil temuan dalam penelitian pertama, Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini 5–6 Tahun di Taman Kanak-kanak Happy Kids, guru diTaman Kanak-kanak Happy Kids masih ada yang belum berkompetensi pedagogik pengembangan materi serta konsep bidang ilmu kognitif anak usia dini, belum melakukan rancangan beragam kegiatan dalam perkembangan secara kreatif, belum melakukan evaluasi. Kedua, factor latar belakang pendidikan guru, faktor anggapan tuntutan administrasi, faktor minimnya sarana dan prasarana yang menjadi penyebab rendanya Kompetensi pedagogik guru Ketiga, Upaya untuk mengembangkan kompentensi pedagogik anak usia dini meliputi melanjutkan kuliah jurusan paud, mengikuti pelatihan dan pembinaan guru, pengadaan media belajar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2020 08:26
Last Modified: 18 Nov 2020 08:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item