STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MEMPROMOSIKAN BATIK DAERAH TANJUNG JABUNG TIMUR

Hidayah, Efi Lutfiatul and Yuliatin, Yuliatin and Mustiah, Mustiah (2020) STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MEMPROMOSIKAN BATIK DAERAH TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MEMPROMOSIKAN BATIK DAERAH TANJUNG JABUNG TIMUR)
Efi Lutfiatul Hidayah SIP162279.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan , bahwa untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia diperlukan langkah strategis berupa upaya pemajuan Kebudayaan melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan guna mewujudkan masyarakat yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Oleh karena itu Dinas Perindustrian Dan Perdagangan membangun sebuah IKM batik dengan tujuan Pemajuan Kebudayaan di Desa Lambur Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi di lokasi penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan batik binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, kendala kendala yang dihadapi oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam mempromosikan batik dan strategi yang digunakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam mempromosikan batik. Berdasarkan hasil penelitian penulis maka hasil dari penelitian tersebut adalah pengelolaan batik dikekola langsung oleh Kepala IKM batik dengan Binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan tujuan pengembangan motif dan meningkatkan kualitas batik. Sedangkan dalam melakukan promosi Dinas kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga menemukan beberapa Kendala yaitu kendala dalam periklanan melalui media televisi dan sales promotion. Dengan menggunakan strategi pemasaran berupa saluran internet atau menggunakan web, aktif dalam kegiatan pameran serta peringatan Hari besar dengan mengangkat tema batik Daerah Tanjung Jabung Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Mempromosikan Batik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 18 Nov 2020 05:06
Last Modified: 18 Nov 2020 05:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5545

Actions (login required)

View Item View Item