Model Struktural Hubungan Dimensi Motivasi Belajar Terhadap Dimensi Kemampuan Regulasi Diri Siswa Dalam Mempelajari Fisika di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi

Alfinia, Meita and Tanti, Tanti and Rahim, Abdul (2020) Model Struktural Hubungan Dimensi Motivasi Belajar Terhadap Dimensi Kemampuan Regulasi Diri Siswa Dalam Mempelajari Fisika di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin jambi.

[img] Text (Model Struktural Hubungan Dimensi Motivasi Belajar Terhadap Dimensi Kemampuan Regulasi Diri Siswa Dalam Mempeajari Fisika di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi)
TF161165- Model struktural hubungan dimensi motivasi belajar terhadap dimensi kemampuan regulasi diri dalam mempelajari fisika.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dimensi motivasi belajar terhadap dimensi kemampuan regulasi diri siswa dalam mempelajari fisika di MAN 1 kota jambi. Pada peneliitian ini peneliti menganalisis komponen motivasi dan kemampuan regulasi diri yang berhubungan postif dan signifikan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif survey, jumlah siswa yang diperlukan 100 untuk pengambilan sampel melalui survey daring memanfaatkan google form. Analisis data yang digunakan menggunakan structural equation modeling (SEM) varian partial least square (PLS) atau SEM with PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari tiga komponen motivasi hanya nilai tugas (task value) yang berhubungan positif dan signifikan terhadap kemampuan regulasi diri (self-regulation) yaitu komponen elaborasi (elaboration) dan organisasi (organization) dengan t-value berturut-turut sebesar 2.7890 dan 2.1781.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Dimensi motivasi belajar, dimensi kemampuan regulasi diri, SEM with PLS
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:09
Last Modified: 19 Nov 2020 03:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item