PENGGUNAAN PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI

Khairunnisak, Khairunnisak and Risnita, Risnita and Jamilah, Jamilah (2020) PENGGUNAAN PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI IX KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
KHAIRUNISAK New.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi IX kota Jambi dengan berbagai masalah dan cara penyelesaiannya. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK Pertiwi IX kota Jambi dengan jumlah anak 21 orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) peran permainan tradisonal engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi IX Kota Jambi sudah berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan dan penilaian yang sudah dibuat. 2) Faktor- faktor yang mendukung dan menghambat peran permainan tradisonal engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi IX Kota Jambi sudah berjalan dengan baik. 3) Cara guru meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permeinan engklek di TK Pertiwi IX Kota Jambi sudah berjaian baik sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Permainan Tradisional, Engklek dan Motorik Kasar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antar Personal
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister > Prodi Manajemen Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mohd Isnaini
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:23
Last Modified: 19 Nov 2020 04:23
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item View Item