GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS.N 1 KOTA JAMBI

Ripki, Muhamad and Hilmi, Hilmi and Musa, Musa (2020) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS.N 1 KOTA JAMBI. Tesis thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Kependidikan di MTs.N 1 Kota Jambi)
MMP.1822962 Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Kependidikan di MTs.N 1 Kota Jambi.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Memahami gaya kepemimpinan diri merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh kepala madrasah sebagai seorang pemimpin. Dengan memahami gaya kepemimpinan diri tersebut seorang pemimpin akan dapat melakukan antisipasi terhadap perilaku kepemimpinan yang akan ditampilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan di MTs.N 1 Kota Jambi. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran untuk kepala madrsasah dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan di MTs.N 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang dilaksanakan di MTs.N 1 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Serta pengecekan keabsahan data adalah dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala madrasah di MTs.N 1 Kota Jambi adalah gaya kepemimpinan yang menyesuaikan dengan situasi, kondisi serta tingkat perkembangan bawahannya. Adapun faktor yang menghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan adalah dikarenakan kurangnya kesadaran akan pentingnya kedisiplinan oleh tenaga kependidikan itu sendiri. Kemudian upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan adalah dengan berdiskusi dengan tenaga kependidikan, berdiskusi dengan kepala madrasah, memberikan sanksi, melakukan pengawasan, menjadi teladan yang baik, mengadakan rapat rutin dan menyusun rencana kerja yang jelas.

Item Type: Thesis (Tesis)
Keywords / Katakunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kedisiplinan Tenaga Kependidikan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Doktoral > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pascasarjana
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:41
Last Modified: 18 Nov 2020 07:42
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5500

Actions (login required)

View Item View Item