PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN LISTRIK PASCABAYAR (Studi Desa Sukomoro Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara)

ELISNAWATI, ELISNAWATI and Marlina, Siti and Triana, Neni (2020) PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN LISTRIK PASCABAYAR (Studi Desa Sukomoro Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN LISTRIK PASCABAYAR (Studi Desa Sukomoro Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara))
watermark-Skripsi Elisnawati.pdf

Download (5MB)

Abstract

Undang-undang nomor 30 tahun 2009 tentang ketenaga listrikan, listrik berfungsi sebagai energi penerangan dalam menjalankan aktifitas sehari–sehari. Penyediaan dan pemenuhan kebutuhan listrik merupakan masalah yang menyangkut hidup seluruh masyarakat. Listrik sebagai sumber energi telah menjadi kebutuhan rutin yang sangat penting bagi aktifitas maupun kehidupan masyarakat. Kalestarian sumber energi perlu diupayakan langkah strategis yang dapat menunjang penyediaan energi listrik secara optimal dan terjangkau. Sejalan dengan perkembangan ekonomi dan pertmbuhan penduduk, suatu Negara dituntut untuk memberikan pelayanan dalam hal memenuhi kebutuhan masyarakat. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para masyarakat tentang kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan listrik pascabayar Sebagai tujuan antaranya adalah untuk mengetahui masalah yang dihadapi pelanggan listrik pascabayar, untuk mengetahui upaya perusahaan listrik negara (PLN) dalam mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan listrik pascabyar,untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan listrik pascabayar. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu pendekatan yuridis empiris dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa masyarakat lebih memilih menggunakan listrik pascabayar dari pada listrik prabayar karena masyarakat tidak perlu memikirkan habis token ditengah malam dan upaya perusahaan listrik negara ( PLN) pun selalu siap siaga dalam mengoptimalan layanan listrik pascabayar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: persepsi masyarat,pengoptimalan layanan perusahaan listrik negara (PLN)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Fakultas Syariah
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:04
Last Modified: 17 Nov 2020 05:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5471

Actions (login required)

View Item View Item