Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur'an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota Jabi

Humaiza, Ardian and Anwar, Kasful and Syahbani, Nispi (2020) Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur'an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota Jabi. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis faktor penyebeb kesulitan siswa membaca Al-Qur'an di sekolah menengah pertama negeri 13 kota jambi)
ardian humaiza-2.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Faktor Penyebab kesulitan Siswa Membaca Al-Quran. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota Jambi sebanyak 24 orang siswa. skripsi ini bersifat kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan skunder. Untuk memperoleh data tersebut peneliti menggunakan metode observasi, wawancara,dokumentasi, trianggulasi, pengujian keabsahan data dengan menggunakan beberapa variabel atau skripsi yang relevan saling berkaitan sehingga dapat memperkuatkan data yang didapati penelit. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data, peneliti memahami penelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini sudah diteliti oleh orang lain ditempatkan untuk memperkuatkan isi dari skripsi yang bermutu. Analisis data dilakukan dengan tiga komponen analisis yaitu domain, komponensial dan taksonomi. Penelitian menemukan bahwa bentuk kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa yaitu tidak bisanya siswa membaca Al-Qur’an, ada yang bisa tetapi tidak lancar, dan ada yang bisa serta yang lancar membaca Al-Qur’an dengan baik. Penyebab sulitnya siswa belajar membaca al-qur’an. Faktor-faktor penyebab siswa kesulitan belajar membaca Al-Qur’an ada dua, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern diantaranya siswa tidak menyukai kegiatan membaca Al-Qur’an, siswa tidak memiliki semangat atau motivasi dari dalam diri untuk bisa membaca Al-Qur’an, lidah siswa yang kaku ketika mengucapkan huruf hijaiyyah. Faktor ekstern diantaranya yaitu didikan dalam keluarga, latar belakang sekolah dasar yang tidak mewajibkan siswanya bisa membaca Al-Qur’an, pengaruh pergaulan dengan teman, baik disekolah maupun di rumah, frekuensi pertemuan MMA disekolah yang singkat, ketidak cocokan dengan guru pengampu dan metode yang digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kesulitan menbaca al-qur'an, Guru PAI, SMP 13 Kota Jambi
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:21
Last Modified: 10 Jun 2021 16:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5466

Actions (login required)

View Item View Item