STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI 2 KOTA JAMBI

Sari, Yulita and Armida, Armida and Istofa, Dian (2020) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI 2 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik di Sekolah menengah pertama PGRI 2 Kota jambi)
YULITA SARI TK161263 SKRIPSI LENGKAP-converted.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme di SMP PGRI 2 Kota Jambi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi (Pengamatan), wawancara, Dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Penyajian Data, Reduksi Data, dan Penarikan Kesimpulan.Kedudukan guru sebagai pendidik memerlukan suatu kemampuan profesional yang mampu mendukung terhadap pencapaian tujuan pendidikan, sehingga mampu menciptakan perubahan-perubahan tingkah laku, baik disekolah maupun dimasyarakat. Profesionalisme guru dapat dibentuk melalui program-program peningkatan profesional. Peningkatan tersebut diharapkan mampu menunjang guru dalam menjalankan tugas dan peranannya sebagai pendidik yang profesional. Permasalahan-permasalahan yang terjadi sehubungan dengan peningkatan profesionalisme guru di SMP PGRI 2 Kota Jambi berhubungan dengan: lemahnya motivasi yang dimiliki guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya, kurangnya kedisplinan guru yang sering datang tidak tepat waktu, dan kurangnya kemampuan kepala sekolah dalam mengadakan supervisi. Peningkatan Profesionalisme guru merupakan upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerjanya. Dengan adanya peningkatan tersebut diharapkan guru mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pegawai dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru antara lain: melalui pembinaan-pembinaan terhadap guru berupa pembinaan peningkatan kemampuan, membangun tim kerja, memberikan koordinasi, dan menciptakan jaringan komunikasi, melaksanakan kerja sama, Memotivasi para guru dengan cara menciptakan situasi yang harmonis, memenuhi perlengkapan yang diperlukan guru dalam melaksanakan tugasnya, memberikan penghargaan dan hukuman. Dan supervisi, yang dapat dilakukan melalui kegiatan kunjungan kelas untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Profesionalisme Tenaga Pendidik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Strategi kepala sekolah, profesionalisme tenaga pendidik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:44
Last Modified: 17 Nov 2020 04:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5453

Actions (login required)

View Item View Item