PROBLEMATIKA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA TEMA PERSATUAN DALAM PERBEDAAN DI KELAS 6 SDN 47/X PEMATANG MAYAN KECAMATAN RANTAU RASAU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Januardy, Dono and Shalahudin, Shalahudin and Al-Ihwanah, Al-Ihwanah (2020) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA TEMA PERSATUAN DALAM PERBEDAAN DI KELAS 6 SDN 47/X PEMATANG MAYAN KECAMATAN RANTAU RASAU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Problematika Pendidikan Multikultural Pada Tema Persatuan Dalam Perbedaan Di Kelas 6 SDN 47/X Pematang Mayan Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung timur)
WATERMARK DONO JANUARDY TPG. 141090.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui problematika pendidikan multikultural pada tema persatuan dalam perbedaan di kelas 6 SDN 47/x Pematang Mayan Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat Kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan adalah Analisa Deskriptif Kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 47/x Pematang Mayan Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur, problematika pendidikan multikultural siswa SDN 47/X Pematang Mayan, yaitu beberapa anak dalam kemampuan membaca dan menulisnya masih kurang, yang di sebabkan oleh latar belakang dari keluarga yang terbiasa menggunakan bahasa daerah kesehari-harianya, dan karena rata-rata siswa-siswinya berasal dari keturunan suku Melayu dan Jawa, yang terkadang membuat para siswa, bermain sesama yang mereka kenal, maupun teman di sekitaran rumah yang membuat mereka kurang bergaul dengan siswa-siswi lainya. Faktor pendukung dalam menerpakan penddikan multukultural Sekolah memberikan keluasan kepada siswa dalam mengembangkan potensinya baik melalui intra maupun ekstra sekolah sehingga siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan sekolah dan mengurangi konflik suku dan agama. Faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan multikulturalhambatannya hanya dari adaptasi siswa di awal-awal masuk saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: multikultural, persatuan dalam perbedaan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Nov 2020 08:07
Last Modified: 27 Aug 2021 03:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item View Item