PENERAPAN POLA KOMUNIKASI MULTI ARAH DALAM PEMBINAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI YAYASAN PANTI ASUHAN SEOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-FATIH KOTA JAMBI

Lestari, Risti Mega and Abdul Aziz, Ishak and Jamilah, Jamilah (2020) PENERAPAN POLA KOMUNIKASI MULTI ARAH DALAM PEMBINAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI YAYASAN PANTI ASUHAN SEOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-FATIH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text
UK. 160175, PENERAPAN POLA KOMUNIKASI MULTI ARAH DALAM PEMBINAAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI YAYASAN PANTI ASUHAN SEOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) AL-FATIH KOTA JAMBI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana Pola Komunikasi yang diterapkan Pembina kepada siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur’an. Penerapan pola komunikasi dalam mengahafal Al-Qur'an sangat berperan penting bagi anak-anak atau siswa-siswi agar lebih mudah untuk menghafal ayat suci Al-Qur'an. Hal ini mendorong peneliti dalam untuk mengetahui secara komprehensif dalam menerepkan pola komunikasi tersebut di Yayasan Panti Asuhan (SMP IT) Al-Fatih. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Field reseach) dengan metode kualitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan data-data kualitatis dan mendiskripsikan data-data tersebut setelah dianalisis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi dan teknik analisis data yaitu redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasilnya penulis mengetahui bahwa penerapan pola komunikasi yang digunakan oleh Pembina kepada siswa-siswi adalah jenis Pola Komunikasi satu arah dan pola komunikasi Multi arah. Akan tetapi dalam menghafal Al-Qur'an Pola Komunikasi yang paling efektif diterapkan pembina kepada siswa-siswi adalah Pola komunikasi satu arah, tetapi pola komunikasi multi arah juga sangat membantu untuk melatih daya ingat siswa-siswi dalam menghafal, Oleh sebab itu penulis juga mengetahui apa saja kendala yang diterima apabila menggunakan pola komunikasi multi arah. Akhirnya penulis Merekomendasikan kepada pembina di Yayasan Panti Asuhan (SMP IT) Al-Fatih untuk melatih siswa-siswi menghafal dengan hati yang ikhlas, membuat kelompok menghafal, memebanrkan bacaan yang salah, membuat target hafalan, jangan beralih dari hafalan yang lama, memahami hafalan, dan akhirnya penelitian akhir penulis menemukan peningkatan hafalan siswa-siswi dan mereka sangat semangat dalam menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Panti Asuhan, Komunikasi Multi Arah, Menghafal Al-qur'an
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 16 Nov 2020 08:04
Last Modified: 16 Nov 2020 08:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item