Manajemen Kurikulum Pelajaran Agama Dalam Meningkatkan Pengetahuan Agama Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi

Ilham, Andi and Fadlilah, Fadlilah and Bawaihi, Bawaihi (2020) Manajemen Kurikulum Pelajaran Agama Dalam Meningkatkan Pengetahuan Agama Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Manajemen kurikulum pelajaran agama dalam meningkatkan pengetahuan agama siswa madrasah Aliyah negeri insan cendekia jambi)
skripsi watermark ANDI ILHAM.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pelajaran agama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi dalam meningkatkan pengetahuan agama siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dijadikan sumber informasi adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru pendidik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi data untuk mengambil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang manajemen kurikulum pelajaran agama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi dalam meningkatkan pengetahuan agama siswa meliputi: (1) sebagai pemberi pertimbangan dalam menentukan kebijakan dan program sekolah, kinerja dan fasilitas sekolah, (2) sebagai menggalang dana dan sumber daya pendidikan dari masyarkat, (3) sebagai pengawas pelayanan pendidikan di sekolah, (4) sebagai menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 08:09
Last Modified: 16 Nov 2020 08:09
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5422

Actions (login required)

View Item View Item