PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 7,2 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BATANGHARI KECAMATAN MUARA TEMBESI KABUPATEN BATANG HARI

Silfianengsih, Fifi and Junaid, M. and Nasir, Nasir (2020) PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 7,2 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BATANGHARI KECAMATAN MUARA TEMBESI KABUPATEN BATANG HARI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (penerapan metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas 7,2 di madrasah tsanawiyah negeri 6 batanghari kecamatan muara tembesi kabapaten Batang Hari)
fifi silfianengsih,TP.161553.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII 2 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batang Hari Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batang Hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak kelas 7,2 di Madrasah Tsanawiyah negeri 6 Batang Hari Kecamatan Muara Tembesi dengan Penerapan metode Inquiry. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7,2 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Batang Hari kecamatan Muara Tembesi, sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Inquiry, peningkatan hasil belajar siswa pada materi Akhlak Tercel yaitu Riya dan Nifaq. penerapan metode Inquiry meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 22 siswa yang tuntas hanya 7 siswa, dengan persentase 31,81%. Sedangkan yang belum mencapai ketuntasan mencapai 15 siswa dengan persentase 68,18%. Namun dengan adanya penerapan metode Inquiry dengan menggunakan 2 siklus, nilai siswa meningkat pada siklus 1 yaitu ketuntasan mencapai 15 siswa dengan persentase 63,63%, sedangkan yang tidak tuntas ada 8 siswa dengan persentase 36,36%. Dilanjutkan lagi dengan siklus 2 rata-rata nilai siswa mencapai 80% dengan ketuntasan 19 orang dengan persentase 86,36%, dan yang tidak tuntas 3 orang dengan persentase 13,63%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Hasil Belajar, Metode Inquiry, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 07:36
Last Modified: 27 Jan 2021 04:07
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5421

Actions (login required)

View Item View Item