SUGARA, JERI and Fadlilah, Fadlilah and Safitri, Riftiyanti (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![]() |
Text (manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 22 kota jambi)
SKRIPSI JERI SUGARA (watermark).pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Pada masa sekarang moral remaja berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan, dimana kaum remaja mengalami degradasi moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas moral generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata, cara berpakaian hingga perilaku. Untuk itu pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan. Maka dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang harus dilakukan adalah menggunakan manajemen pendidikan karakter yang baik. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter siswa di salah satu sekolah menengah yaitu SMPN 22 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak siswa smpn 22 kota jambi dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan pembinaan akhlak dalam program kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dijadikan sumber informasi adalah Kepala Sekolah, Guru pendidik dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi data untuk mengambil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik smpn 22 kota Jambi dalam meningkatkan budi tauladan/akhlak siswa. Melalui Pelaksanaan manajemen pendidikan karakter melibatkan semua elemen sekolah yang berperan dalam menciptakan kondisi yang kontributif perkembangan karakter peserta didik. Pembinaan ini melalui tindakan preventif, kuratif dan represif. Penilaian manajemen pendidikan karakter berbentuk observasi terhadap semua guru yang terlibat dalam proses penilaian tentang karakter peserta didik dengan membuat catatan perkembangan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | Manajemen, pendidikan/pembinaan karakter |
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 07:51 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 07:51 |
URI: | http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |