PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA BUTIK N'ROSSA DI KELURAHAN MAYANG MANGURAI KOTA JAMBI

Pebryani, Meryska and Tarmizi, A and Anita, Efni (2020) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA BUTIK N'ROSSA DI KELURAHAN MAYANG MANGURAI KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Butik N'Rossa di Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi)
EES.160478 Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Butik N'Rossa di Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi - lampiran full text-dikonversi.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi, maupun dokumentasi, selama mengadakan penelitian di Butik N’rossa Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan Etika Bisnis Islam di Butik N’rossa Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi Butik N’rossa dalam menerapkan Etika Bisnis Islam (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan Butik N’rossa dalam menghadapi kendala tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Butik N’rossa pada umumnya telah menerapkan Etika Bisnis Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasullah SAW dan sifat-sifatnya yaitu dengan berlaku jujur (Siddiq), terpecaya (Amanah), komunikatif (Tabligh) dan cerdas (Fatanah). (2) Namun masih ada beberapa kendala yangmenyebabkan belum dapat diterapkan pertama, tidak dapat menepati janji(Amanah) dalam waktu operasionalyang masih berubah-berubah tidak sesuai dengan ketentuanya dikarenakan Butik N’rossa dibuka tergantung owner, kedua profesionalisme(Fatanah) yaitu pelayanan dan pemasaran via online yang kurang berjalan dikarenakankaryawan Butik N’rossa tidak menjalankan tugasnya untuk aktif memasarkan dan memberikan pelayanan konsumen Via Online baik di Instagram ataupun whatsapp. Ketiga, inovasi dan kreatifitas(fatanah)sistem penjualan Butik Nrossa yang masih minim hal ini dikarenakan kurangnya promo menarik di Butik N’rossa dan tidak memiliki toko online seperti shoope, tokopedia, buka lapak dan sejenisnya yang mengakibatkan berukurangnya minat dan kepuasan konsumen. (3) Upaya yang dilakukan adalalah membuat jadwal baru opresional Butik yang tepat, merekrut tenaga kerja di bagian digital marketing yang bertugas khusus memasarkan Butik Nrossa baik secara offline maupun online dan meningkatkan promosi yang menarik untuk konsumen. KataKunci : Penerapan, Etika Bisnis Islam, dan Butik N’Rossa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Penerapan, Etika Bisnis Islam, dan Butik N’Rossa
Subjects: 000 Karya Umum
2x4 Fiqih > 2x4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Date Deposited: 16 Nov 2020 07:27
Last Modified: 16 Nov 2020 07:27
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item View Item