PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG TIMUR

Rahmadani, Putri and Rianty, Ida and Ghazali, Muhammad (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 TANJUNG JABUNG TIMUR)
Putri Rahmadani TM 161346 Watermark.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika siswa terhadap peningkatan penalaran siswa pada materi Peluang di kelas VIII SMPN 18 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Tanjung Jabung Timur yang memiliki kemampuan penalaran matematika rendah yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik rendom sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang terdiri atas kelas eksperimen 10 siswa dan kelas kontrol 10 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah 6 butir soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Uji T dan Korelasi Phi. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh t_(t ) 5%<t_0>t_t 1% =2,101<5.982>2,552. Dan hasil dari perhitungan korelasi phi diperoleh r_(t ) 5%<φ>r_t 1% = 0,468<0,8>0,590. Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berpengaruh secara signifikan terhadap pengaruh penalaran matematika siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Penalaran Matematika Siswa
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:22
Last Modified: 16 Nov 2020 03:22
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item