“PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT”

SAPUTRI, Hepnika and Susanti, Try and Safita, Reny (2020) “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT”. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (“PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT”)
TB.161028_HEPNIKA SAPUTRI_TADRIS BIOLOGI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar siswa bologi melalui model pembelajaran artikulasi di sekolah menengah atas negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Peneliti tertarik untuk menerapkan Model Pembelajaran Artikulasi karena model tersebut menuntut siswa untuk aktif selama berlangsungnya proses belajar- mengajar. Dengan Model ini siswa diharapkan aktif berfikir kritis dan tidak malu mengemukakan pendapatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatnya hasil belajar siswa kelas X2 SMAN 1 Tanjung Jabung Barat Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran artikulasi terhadap meningkatnya hasil belajar siswa kelas X2 SMAN 1 Tanjung Jabung Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X2 yang berjumlah 30 siswa. Siswa yang dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat nilai sama dengan atau lebih 65 dan ketuntasan klasikal 80% dari jumlah siswa yang ada di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran biologi siswa kelas X2. Melalui analisis data diperoleh bahwa hasil belajar biologi siswa kelas X2 sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 60,93 dengan presentase ketuntasan klasikal 40%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata 68,7 pada siklus II 72,67 dan pada siklus III meningkat menjadi 78. Selain itu, presentase siswa yang telah berhasil dalam pembelajaran pada siklus I yaitu 56,7% pada siklus II 76,67% dan pada siklus III meningkat menjadi 86,7%. Berdasarkan observasi, penelitian, pembahasan, serta analisis data yang akan diuraikan pada skripsi ini, dapat disimpulkan bahwa pelajaran biologi dengan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X2 SMAN 1 Tanjung Jabung Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: model pembelajaran artikulasi dan hasil belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 17 Nov 2020 06:52
Last Modified: 17 Nov 2020 06:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5396

Actions (login required)

View Item View Item