ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN TEBO

Maria, Heliza and Alfian, Alfian and Nofriadi, Nanang (2020) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN TEBO. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Analisis Proses Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas Di Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo)
TB161026 Judul-Lampiran fulltext..pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Proses Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas di Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo. Disebabkan peneliti ingin melihat apakah proses pembelajaran biologi di sekolah tersebut berjalan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 atau belum, selain itu peneliti juga ingin melihat apakah dalam pelaksanaan pembelajarannya guru menerapkan keterampilan atau tidak, dan bagaimana guru dalam melakukan penilaian terhadap pebelajaran tersebut. Metode penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Proses Pembelajaran yang ada di SMA Negeri 6 VII Koto Kabupaten Tebo telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru telah memenuhi standar proses yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 41 Tahun 2007. Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 6 VII Koto Kabupaten Tebo telah berlangsung baik, dapat dilihat dalam perencanaan pembelajaran tersebut memiliki kegiatan pembelajaran yang lengkap didalamnya seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Selain itu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, Keterampilan menjelaskan, Keterampilan bertanya, Keterampilan memberi penguatan, Keterampilan mengadakan variasi , Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, Keterampilan mengelola kelas, Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan guru sudah baik. Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru di SMA Negeri 6 VII Koto Kabupaten Tebo sudah baik. Dapat dilihat melalui instrument yang terlampir pada perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru tersebut, selain itu guru mampu membuat instrument penilaian dan rubric penilaian untuk semua ranah penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Proses Pembelajaran, Keterampilan Dasar Mengajar, Penilaian.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:56
Last Modified: 16 Nov 2020 06:56
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item