TEKNIK KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN TAHFIDZ AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU CENDEKIA RIMBO BUJANG

Armaini, Nelmy and Mardalina, Mardalina and Wahyuni, Mila (2020) TEKNIK KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN TAHFIDZ AL-QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU CENDEKIA RIMBO BUJANG. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Teknik Komunikasi Dalam Pembinaan Tahfidz Al-Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Cendekia Rimbo Bujang)
skripsi NELMY-1.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Cendekia (SMP IT) merupakan satu-satunya sekolah tahfiz yang ada di wilayah Rimbo Bujang. Tujuan penelitian ini ada tiga, pertama, mengetahui proses pengajaran Tahfidz Al-Qur’an di SMP IT Cendekia Rimbo Bujang; Kedua, mengetahui penerapan teknik komunikasi dalam pembinaan tahfidz Al-Qur’an terhadap siswa; Ketiga, mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung pada proses penerapan teknik komunikasi dalam pengajaran Tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, Observasi dilakukan terhadap teknik komunikasi pembinaan tahfidz terhadap, Wawancara pada bulan Februari hari Senin sampai Jumat dilakukan dengan 14 orang siswa, 2 guru dan 2 pembina, dan Dokumentasi yang berupa foto kegiatan, daftar siswa, dan dokumentasi lainnya di SMP IT Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, yang kemudian di deskripsikan, diinterpretasikan dan ditafsirkan.Penelitian ini adalah siswa yang terdaftar pada tahun 2019/2020, yaitu 14 orang siswa. Hasil penelitian ini, yaitu: Pertama, proses pengajaran tahfidz membutuhkan komunikasi antara pembina dan siswa. Kedua, teknik komunikasi yang digunakan adalah teknik komunikasi informatif, persuasif, koersif dan hubungan manusiawi atau dialog diluar ruangan. Teknik komunikasi yang sering digunakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Cendekia yaitu teknik komunikasi informatif dan persuasif. Ketiga, faktor penghambat dalam pembinaan Tahfidz yaitu adanya siswa yang belum bisa membaca sehingga Pembina harus mengajarkan dan membenahi bacaan, malas untuk mengulang-ulang hafalannnya, siswa tidak diasramakan, kurangnya tenaga pembina, kurangnya motivasi dari kedua orang tua. Sedangkan Faktor pendukung dalam pembinaan Tahfidz yaitu adanya dorongan yang cukup kuat dari teman sebaya dan pembina dalam memberi motivasi agar memperbaiki kehidupannya. Peneliti merekomendasikan kepada SMP IT Cendekia memotivasi siswa menghafal Al-Qur’an dan pembina lebih menerapkan teknik komunikasi persuasif yang telah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Teknik komunikasi, Al-Quran, Pembina
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:11
Last Modified: 16 Nov 2020 03:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item