PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Veroneka, Ulva and Musa, Musa and Gusfarenie, Dwi (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI)
REVISI SIDANG ULVA VERONEKA2.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture terhadap minat dan keaktifan siswa kelas XI IPA pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain the one group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Dari pengumpulan angket minat belajar yang telah diperoleh, didapat nilai rata-rata sebelum diberi perlakuaan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture sebesar 66,63 sedangkan nilai rata-rata sesudah diberi perlakuaan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture sebesar 78,73. Berdasarkan analisis didapatkan, bahwa minat belajar siswa diperoleh nilai t0 ≥ tt yaitu 2,00 < 3,44 > 2,65. Maka, terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap minat belajar Siswa Kelas XI IPA pada pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi. Sedangkan dari pengumpulan lembar observasi pada penilaian keaktifan siswa diperoleh, didapat nilai rata-rata sebelum diberi perlakuaan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada pertemuan I 36,11% dan pertemuan II yaitu 41,11% berkategori kurang aktif. Sedangkan untuk nilai rata-rata yang sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pertemuan I 60,00% dan pertemuan II yaitu 81,01% berkategori sangat aktif. Berdasarkan data yang diperoleh raa-rata sebelum diberi perlakuaan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here sebesar 65,37 dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here sebesar 76,23. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa, keaktifan belajar siswa diperoleh nilai t0 ≥ tt yaitu 2,00 < 2,89 > 2,65. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terhadap keaktifan Siswa Kelas XI IPA pada pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Picture and Picture, Minat Belajar, Keaktifan
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 04:47
Last Modified: 16 Nov 2020 04:47
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5351

Actions (login required)

View Item View Item