PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI

Iryansyah, Dede and Susanti, Try and Sefrinando, Boby (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIS Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 30 MUARO JAMBI)
SKRIPSI REVISI SIDANG DEDE1.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran Course Review Horay adalah salah satu pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar. Pembelajaran Course Review Horay dicirikan oleh struktur tugas, tujuan, dan penghargaan kooperatif yang melahirkan sikap ketergantungan positif di antara sesama siswa, penerimaan terhadap perbedaan individu dan mengembangkan keterampilan bekerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar IPA siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true eksperimental - postest only control desain. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga didapatkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Berdasarkan perhintungan data diperoleh nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen sebesar 84,71 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata aspek kognitif sebesar 71,58. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa, aspek kognitif dengan nilai t0 ≥ tt yaitu 2,01 < 3,63 > 2,69 dengan besar effect size adalah 1,1 atau 86%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar IPA siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 30 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan model Course Review Horay sebagai metode pembelajaran untuk materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Model Course Review Horay, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 05:28
Last Modified: 16 Nov 2020 05:28
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item