STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 57 KECAMATAN JANGKAT TIMUR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

PURMAWATI, ELIS and Us, Kasful Anwar and Nazari, Nazari (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 57 KECAMATAN JANGKAT TIMUR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 57 KECAMATAN JANGKAT TIMUR KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI)
TP161451 Judul - lampiran fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan sistem pendidikan untuk melatih anak didiknya yang sedemikian rupa. Agama sangat berperan dalam pembentukan perilaku anak, sehingga pembentukan pribadi anak membaur sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak, memerlukan pendidikan dengan persyaratan-persyaratan tertentu dan pengawasan serta pemeliharaan yang terus menerus sehingga pelatihan dasar dalam pembentukan kebiasaan dan sikap memiliki kemungkinan untuk berkembang secara wajar dalam kehidupan dimasa mendatang. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi susila yang cakap adalah yang diharapkan ada pada diri setiap anak didik. Akhlak merupakan cerminan dan iman yang mencakup dalam segala bentukperilaku. Skripsi ini membahas Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 57 Merangin Kecamatan Jangkat Timur Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, Kendala Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Akhlak siswa dan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam mengatasi kendala dalam membentuk Akhlak siswa. Hal ini dilakukan agar siswa menjadi pribadi yang lebih baik dan berakhlakul karimah. Penulis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan analisis domain, analisi taksonomi dan analisis kompensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada Strategi kendala dan upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 57 Merangin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Pendidikan Agama Islam, Akhlak
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:03
Last Modified: 16 Nov 2020 03:03
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5317

Actions (login required)

View Item View Item