MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI

Lisdayanti, Lisdayanti and Hidayat, Hidayat and Syahbani, Nispi (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.

[img] Text (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI MADRASAH TSANAWIYAH MAHDALIYAH KOTA JAMBI)
SKRIPSILISDAYANTI.TP151388 Watermark.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di madrasah tsanawiyah mahdliyah kota jambi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode problem solving dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah tsanawiyah mahdaliyah kota jambi, apakah dengan penggunaan metode problem solving ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah tsanawiyah mahdaliyah kota jambi, bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak setelah menggunakan metode problem solving di madrasah mahdaliyah kota jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, dengan tujuan memberikan gambaran bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah tsanawiyah mahdaliyah kota jambi. Hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di madrasah tsanawiyah mahdaliyah kota jambi telah meningkat dengan bukti pada siklus I diperoleh persentase rata-rata pada kategori sedang dengan persentase 57,10%. Dan pada siklus II diperoleh hasil kemampuan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata persentase hasil kemampuan hasil belajar siswa pada kategori sangat tinggi dengan persentase 91,19%. Jadi adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan yaitu persentase sebesar 34,09%. Sehingga peningkatan hasil tes ini menunjukkan tercapainya indicator keberhasilan. Kata kunci: metode problem solving, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: metode problem solving, hasil belajar
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 23 Dec 2020 01:58
Last Modified: 23 Dec 2020 02:02
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item