KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 BATANG HARI PROVINSI JAMBI.

Fikri, Rahmad and Idris, Ilyas and Muhammad, Habib (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 BATANG HARI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 BATANG HARI PROVINSI JAMBI.)
skripsi r,fikri-dikonversi.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh Pertama, guru belum menggunakan berbagai macam metode dan strategi pembelajaran sehingga siswa mampu dan lebih mudah dalam menerima materi pelajaran, Kedua dalam sistem pembelajaran guru belum sepenuhnya memperhatikan pentingnya bahan ajar, Ketiga minat belajar siswa masih rendah sehingga tujuan pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Kompetensi guru Akidah Akhlak dalam memanfaatkan sarana dan prasarana untuk memotivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 5 Batang Hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru Akidah Akhlak, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi guru Akidah Akhlak dalam pembelajaran siswa Madrasah Aliyah Negeri 5 Batang Hari,. Faktor penghambat dari segi waktu ini muncul karena kurangnya waktu untuk belajar di Madrasah Aliyah Madrasah Aliyah Negeri 5 Batanghari. Kemudian minimnya pemahaman anak didik tentang agama Islam dalam pelajaran Akidah Akhlak, dan Kendala-kendala guru dalam meningkat profesional guru pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 5 Batang Hari, yaitu Faktor Penghambat Dari Segi Waktu dan Non Waktu, Faktor Pendidik/guru, Faktor anak didik, Sarana dan prasarana serta fasilitas. sehingga ini dapat menghambat proses kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 5 Batanghari. Usaha-usaha yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kompetensi guru Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 5 Batang Hari, yaitu: 1) mengikuti penataran dan Sharing dengan orang yang lebih tahu, 2) dengan memberikan nasihat tentang disiplin waktu, 3) memberikan tugas hafalan pada siswa di rumah 4) menggunakan fasilitas dan media yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kompetensi, meningkatkan, pembelajaran
Subjects: 000 Karya Umum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:43
Last Modified: 09 Feb 2021 02:44
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item View Item