KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MELALUI METODE DEMONTRASI MADRASAH TSANAWIYAH DARUDDA'WAH WAL IRSYAD DESA KOTA HARAPAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

Safitri Yunita, Hermi and Junaid, M. and Ridwan, Ahmad (2020) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MELALUI METODE DEMONTRASI MADRASAH TSANAWIYAH DARUDDA'WAH WAL IRSYAD DESA KOTA HARAPAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE DEMONSTRASI MADRASAH TSANAWIYYAH DARUDDA’WAH WAL IRSYAD DESA KOTA HARAPAN KABUPATEN TANJUNG)
Watermark Hermi Yunita Safitri TP.161470.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII Madrsah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Desa Kota Harapan. Adapun rumusan masalah bagaimana kemampuan membaca al-qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Darud Da’wah Wal Irsyad, mengapa bacaan al-qur’an MTs Darud Da’wah Wal Irsyad belum memadai, bagaimana model dan strategi pembelajaran membaca al-qur’an dengan menggunakan metode demonstrasi di MTs Darud Da’wah Wal Irsyad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang telah diuraikan, karena sifatnya menggunakan pendekatan analisis Deskripstif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa kemampuan membaca al-qur’an pada mata pelajaran al-qur’an hadits melalui metode demonstrasi siswa kelas VIII MTs Darud Da’wah Wal Irsyad Desa Kota Harapan yaitu masih banyaknya siswa yang bacaan al-qur’an nya masih tidak lancar, keliru makhrijul huruf dan tidak bisa membedakan mad thabi’i dan mad far’i, bacaan al-qur’an siswa di MTs Darud Da’wah Wal Irsyad belum memadai yaitu yaitu masih banyak nya siswa yang jarang mengaji dan siswa masih ada yang susah d atur, dan ada juga beberapa peserta didik yang sangat sulit untuk diajari membaca al-qur’an dan memahami hukum ilmu tajwid sehingga dalam membaca al-qur’an masih mengerti panjang pendek di setiap ayat, model dan strategi pembelajaran membaca al-qur’an dengan menggunakan metode demonstrasi yaitu guru dalam merancang model atau metode pembelajaran mereka, maka pihak sekolah menyerahkan hal ini sepenuhnya kepada guru di MTs DDI Kota Harapan untuk terus menciptakan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Kemampuan, Membaca Al-Qur’an, Demonstrasi
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:19
Last Modified: 27 Jan 2021 04:04
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item View Item