Suyanti, Dani and Junaidi, Muhammad and Kafrita, Nova (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP negeri 2 Tungkal Jaya Kab Musi Banyuasin)
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP N 2 TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN (1).pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Fisika siswa di Sekolah Menengah Pertama N 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Fisika di Sekolah Menengah Pertama N 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dan desain posttest only control design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama N 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 1 dan VIII 2 yang diambil secara Simple random sampling. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,00 < 5,89 > 2,65) pada taraf signifikan 5% dan 1%. Hasil uji korelasi phi (φ) menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Fisika di Sekolah Menengah Pertama N 2 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi phi (φ) yang memperoleh nilai rhitung > rtabel (0,250 < 0,469 > 0,325) pada taraf signifikan 5% dan 1%. Hasil penelitian ini, menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam kegiatan pembelajaran Fisika.