DANA BERGULIR DAN PENGARUHNYA BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT(STUDI KASUS DI KECAMATAN BAJUBANG KAB BATANG HARI)

Mayaddah, Ummi and Ruslan, Muhsin and Zahara, Anzu Elvira (2018) DANA BERGULIR DAN PENGARUHNYA BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT(STUDI KASUS DI KECAMATAN BAJUBANG KAB BATANG HARI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141549_Ummi Mayaddah_Ekonomi Syariah - Muhammad Kurnia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program dana bergulir adalah program nasional yang menjadi kerangka dasar dan acuan pelaksanaan program-program pengatasan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Tujuan umum dana bergulir adalah untuk kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin dengan mendorong kemandirian dalam mengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan. Salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan memberikan bantuan dana bergulir yang akan di gunakan masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka. Penyaluran dana bergulir ini masyaratkan membentuk sebuah kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang anggotanya masing-masing telah memiliki usaha perorangan yang termasuk katogori usaha kecil dan menengah. Data yang dikumpulkan di analisis dengan menggunakan analisis kualtatif dan kuantitatif. Hasil peneitian menunjukkan bahwa tidak semua masyarakat yang meminjam dana bergulir itu menggunakan dana itu dengan semestinya. Dana bergulir yang ada di Kec. Bajubang masih menggunakan sistem bunga sedangkan dalam ekonomi syariah tidak ada sistem bunga, yang ada dalam ekonomi syariah adalah sistem bagi hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dana Bergulir, Kesejahteraan Masyarakat dan Ekonomi Syariah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 09 Dec 2019 02:31
Last Modified: 09 Dec 2019 02:31
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item