ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PENGRAJIN (STUDI KASUS PADA PUSAT OLEH-OLEH JAMBI JAKOZ KOTA JAMBI)

Saputro, Wahyu and Nofrianto, Nofrianto and Ningsih, Putri Apria (2018) ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN PENGRAJIN (STUDI KASUS PADA PUSAT OLEH-OLEH JAMBI JAKOZ KOTA JAMBI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141553_Wahyu Saputro_Ekonomi Syariah(AKT) - sulthon alsadari.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap peran ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapatan pengrajin pada pusat oleh-oleh Jambi Jakoz Kota Jambi. Skripsi ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin yang ada di pusat oleh-oleh Jakoz yaitu 20 orang pengrajin dan sampel sebagai responden penelitian akan di ambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dari pemilik Jakoz, maka di peroleh 6 pengrajin yang dapat mewakili dari pengrajin yang lainnya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini di analisa menggunakan pendekatan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menggambarkan bahwa ekonomi kreatif pada industri kreatif hasil kerajinan dan olahan perngrajin yang ada di Jakoz sudah baik, terlihat dari hasil penelitian bahwasannya dari 6 pengrajin yang peneliti wawancara semua pengrajin mengalami peningkatan pendapatan dari sebelum dan sesudah menjadi pengrajin. Pendapatan yang dihasilkan dari UMKM yang dimiliki ini berperan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan ini dapat dikatakan bahwa dengan adanya pusat oleh-oleh Jambi sebagai wadah pengrajin dalam memasarkan produknya dapat membantu dalam meningkatkan pendapatan pengrajin yang ada di Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Ekonomi Kreatif, Peningkatan Pendapatan Pengrajin
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 09 Dec 2019 02:16
Last Modified: 09 Dec 2019 02:16
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item