Rispita, Wilda and Hilalli, Husni and Wulanda, Mastarita (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
![]() |
Text
PDF WILDA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Strategi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 8 Muaro Jambi pada pokok pembahasan segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Desing. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 16 siswa di kelas VII sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa di kelas VII sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes essay berjumlah 5 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji dan uji kolerasi phi. Dari uji pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan strategi ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah. Dan dari hasil uji korelasi phi pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh . artinya bahwa penerapan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Keywords / Katakunci: | STRATEGI HOTS, Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa |
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 07:11 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 07:11 |
URI: | http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |