STRATEGI HARIAN PAGI JAMBI INDEPENDENT DALAM MEMPERLUAS PASAR DI PROVINSI JAMBI

Dani, Muhammad Ahwal Rama and Salim, Agus and Noveldi, Herri (2020) STRATEGI HARIAN PAGI JAMBI INDEPENDENT DALAM MEMPERLUAS PASAR DI PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (STRATEGI HARIAN PAGI JAMBI INDEPENDENT DALAM MEMPERLUAS PASAR DI PROVINSI JAMBI)
UK.160157_MUHAMMAD AHWAL RAMA DANI _ KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya era digital saat ini, dunia yang diiringi oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat membuat internet menjadi salah satu teknologi komunikasi dan informasi yang menjadi sumber kebutuhan manusia saat ini. Melalui internet, masyarakat bisa lebih mudah mengakses informasi dan berita yang diinginkan, tanpa ada batasan ruang dan waktu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Kualitatif) dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini sehingga mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan. Hasilnya penulis mengatahui bahwa strategi pemasaran yang digunakan Harian Pagi Jambi Independent di Provinsi Jambi dengan melalui promosi, pendistribusian, dan segmentasinya. Dan juga Harian Pagi Jambi Independent membuat berita online sejak than 2006 walaupun pada saat itu memang belum fokus ke online karena hanya menjadi pendamping cetak, setelah berjalan memang lumayan tanggapan pembaca itu luar biasa, beritanya dapat diakses melalui jambiindependent.co.id yang jumlah pengunjungnya dalam sehari rata- rata 10.000 sampai 30.000 pembaca, bahkan jika ada berita peristiwa khusus pengunjungnya bisa luar biasa jumlahnya. Akhirnya penulis merekomendasikan upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan ekspansi ke media digital dengan mendirikan media online atau e-paper oleh perusahaan pers Jambi Independent yang dapat di akses melalui situs jambiindependent.co.id untuk pembaca yang menggunakan PC, gadget, smartphone dan sebagainya, kemudian untuk strategi pemasaran di Harian Pagi Jambi Independent sebaiknya menambah kegiatan promosi, misalnya dengan penambahan pemasangan billboard spanduk ditempat-tempat yang strategis dan memperbanyak kerjasama dengan instansi perusahaan pemerintah atau dengan Universitas–universitas yang berada di wilayah Jambi dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: STRATEGI HARIAN PAGI JAMBI INDEPENDENT DALAM MEMPERLUAS PASAR
Subjects: 000 Karya Umum
000 Karya Umum > 070 Jurnalisme, Surat Kabar
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Fakultas Dakwah
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:11
Last Modified: 12 Nov 2020 04:11
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item