PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING (ONLINE) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 22/IV KOTA JAMBI

Yolanda, Sisca and Mahluddin, Mahluddin and Fatmawati, Kiki (2020) PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN KELAS DARING (ONLINE) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 22/IV KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (Problematika Guru Dalam Pelaksanan Kelas Daring (Online) Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi)
SKRIPSI CIKA (LENGKAP) WATERMARK.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini membahas tentang Problematika Guru dalam Pelaksanaan Kelas Daring (Online) Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan proses pelaksanaan kelas daring (online) pada pembelajaran tematik siswa kelas IV selama masa pandemi, problematika yang dihadapi guru dalam proses pelaskanaan kelas daring (online) pada pembelajaran tematik siswa kelas IV, dan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring (online) pada pembelajaran tematik siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 22/IV Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut 1) Proses pembelajaran tematik pada siswa kelas IV selama masa pandemi covid-19 berlangsung secara daring atau online. Guru melakukan proses yaitu perencanaan (RPP, smartphone, buku dan media lainnya), pelaksanaan (penyampaian materi tanya jawab dan pemberian tugas), dan evaluasi (memeriksa tugas yang dkirimkan siswa dengan cara difoto kemudian dikirim melalui whatsapp dan menuliskannya di laporan). 2) Problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan kelas daring (online) selama masa pandemi covid-19 adalah keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi, membuat pembelajaran daring (online) hanya dpat dilakukan melalui aplikasi whatsapp, tidak semua siswa mempunyai smartphone, mahalnya kuota internet selama masa pandemi, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang disiplin, keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk. 3)Upaya untuk mengatasi problematika guru dalam pelaksanaan kelas daring (online) selama masa pandemi covid-19 pada pembelajaran tematik siswa kelas IVyaitu memberikan dana bantuan yang besasal dari BOS sesuai dengan anjuran pemerintah untuk pembelian kuota intenet, orang tua harus mengalokasikan ketersediaan waktu untuk mendampingi anak pada saat pembelajaran, guru sekali waktu bisa mendatangi rumah siswa untuk memberikan materi ajar kepada siswa atau menghubungi langsung orang tua siswa untuk memberikan tugas, guru tidak harus memberikan tugas yang banyak kepada peserta didik agar mereka tidak merasa terbebani mangingat tugas tidak hanya berasal dari satu mata pelajaran. Kata Kunci: Problematika, Kelas Daring, Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Problematika, Kelas Daring, Tematik
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 13 Nov 2020 03:41
Last Modified: 13 Nov 2020 03:41
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item View Item