ANALISIS KEPUTUSAN BELI NASABAH NON MUSLIM PADA ASURANSI SYARIAH (STUDI PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMI PUTERA 1912 SYARIAH CABANG JAMBI)

Zamharil, Zamharil and Pangiuk, Ambok and Fielnanda, Refky (2018) ANALISIS KEPUTUSAN BELI NASABAH NON MUSLIM PADA ASURANSI SYARIAH (STUDI PADA ASURANSI JIWA BERSAMA BUMI PUTERA 1912 SYARIAH CABANG JAMBI). Skripsi thesis, UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

[img] Text
SES141571_Zamharil_Ekonomi Islam - Eli Erfiani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan masyarakat non muslim yang tertarik menjadi nasabah pada perusahaan Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Syariah Cabang Jambi dan preferensi masyarakat non muslim untuk menjadi nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Syariah Cabang Jambi. Asuransi syariah adalah suatu pengaturan pengelolaan resiko yang memenuhi ketentuan syariah, tolong-menolong secara mutual yang melibatkan peserta dan perusahaan asuransi. Dan tentang pilihan nasabah non muslim terhadap asuransi syariah, dan ingin mengetahui tentang preferensi nasabah non muslim pada asuransi syariah, selanjutnya metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dan ada juga jenis dan sumber data jenis penelitian ini adalah (field research), penelitian lapangan sumber data ada data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari yang diteliti dan data sekunder yaitu data yang telah lebih dahulu dikumpulkan atau latar belakang dari objek penelitian. Data para nasabah Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 Syariah Cabang Jambi, berjumlah 546 nasabah yang mana diantaranya terdapat non muslim dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 dan terdapat 9 orang nasabah yang beragama non muslim dan masih berdomisili di Kota Jambi. Faktor internal yang memengaruhi nasabah non muslim dalam membeli produk di asuransi syariah adalah pekerjaan, pengalaman masa lalu, kekayaan, hobi, selera, dan rasa suka. Faktor internal yang tidak memengaruhi nasabah non muslim dalam membeli maupun menggunakan jasa pada asuransi syariah dalam membeli produk asuransi adalah usia, pendidikan, sifat atau kepribadian, dan simpati.Faktor eksternal yang memengaruhi nasabah non muslim dalam keputusan pembelian produk asuransi syariah adalah budaya, gaya hidup, teman, produk, promosi, harga, dan kualitas produk. Faktor eksternal yang tidak memengaruhi nasabah non muslim dalam keputusan pembelian produk asuransi syariah adalah orang tua, status sosial, ketersediaan produk, dan garansi. Kebutuhan keunikan yang memengaruhi seorang konsumen dalam keputusan pembelian produk asuransia dalah langka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Analisis, Keputusan Bel, Nasabah Non Muslim, Asuransi Syariah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Murjoko S.Kom
Date Deposited: 09 Dec 2019 01:51
Last Modified: 09 Dec 2019 01:51
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item