PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI

Zakiah, Zakiah and Shalahudin, Shalahudin and Fatmawati, Kiki (2020) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI)
SKRIPSI ZAKIAH.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model Student Team Achievement Divison (STAD) untuik meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi dengan menerapkan model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan menggunakan teori Kemmis and Tagga r, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model STAD untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II, dengan nilai keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 59% dan siklus II sebesar 83%. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi telah tercapai dengan baik, dan menyarankan agar guru menerapkan model STAD dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Keywords / Katakunci: Keaktifan belajar, STAD
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:10
Last Modified: 27 Aug 2021 03:52
URI: http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/5156

Actions (login required)

View Item View Item